Trik Sederhana Biar Laptopmu Gak Lemot Lagi

Trik Sederhana Biar Laptopmu Gak Lemot Lagi
Ketika kamu pertama beli laptop semua berjalan bersama lancar, kamu nyalain gak butuh waktu lama baginya untuk start-up, kamu klik program langsung terbuka tanpa halangan. Tapi beberapa tahun kemudian laptop kamu mulai mengalami indikasi-indikasi penuaan, start-up yang biasanya ga nyampe 3 menit sekarang butuh waktu hampir 15 menit sendiri. Buat buka program aja butuh kesabaran ekstra.

Kali ini Hipwee  mau memberi tips gimana caranya menjaga serta mengembalikan performa laptop, tanpa harus install ulang OS. Kamu tinggal ikutin langkah-langkah dibawah ini. Oh iya, tips ini khusus buat pengguna OS Windows saja, ya. Kalau masih ga paham coba tarik napas dalam-dalam terus dibaca lagi, pasti bisa kok, semangat!

 1. Scan Laptop kamu dulu.

Setiap laptop yang pakai OS Windows pasti rentan terkena virus, nah coba kamu full scan laptop kamu. Siapa tau ada virus serta malware yang ujung-ujungnya bikin laptop kamu makin lemot.

Supaya lebih efektif kamu bisa tandem 2 antivirus satu antivirus buatan luar negeri seperti Kaspersy serta bitdefender ditambah antivirus dalam negeri seperti Smadav untuk basmi virus lokal yang kadang gak kebaca sama antivirus luar.

2. Uninstall program yang ga penting.

Pertama coba lihat pelaksanaan yang ada di laptop kamu, banyak kan? Coba deh di list mana yang ga perlu serta mana yang emang kritikal buat menunjang produktivitasmu. Klik start trus klik control Panel, d ibagian yang program klik uninstall program.

Nah bakalan muncul list program yang udah kamu install, mulai uninstall program-program yang dirasa gak penting.

3. Start-up Lemot?

Tahap ke 2 ini pake MSConfig. Pertama klik start menu, di kotak search ketik msconfig,  pilih tab startup, kemudian hilangkan indikasi centang di program yang tidak mau berjalan ketika start-up, kalau kamu ada nama program yang kamu gak tahu mending dibiarin aja, siapa tahu itu program penting.

4. Hapus data yang tidak terpakai.

Kadang ada beberapa data berupa laporan  maupun cache internet yang tidak terhapus. Inilah yang bisa bikin kapasitas harddisk kamu makin mungil. Langsung aja kamu Klik start menu, search disk cleanup nah kalo udah klik Disk Cleanup. Terus kamu pilih drive mana yang mau dibersihkan. Kemudian tinggal kamu centang aja semua kotak dialog serta klik OK.

Untuk pengguna Windows 8 langkah-langkahnya sedikit berbeda. Pertama arahkan kursor ke ujung kanan layar, lalu klik setting, di kotak dialog pojok kanan atas ketik administrative tool, kemudian klik administrative tools, klik disk cleanup. Proses selanjutnya sama bersama yang diatas.

lima. Defrag Harddisk kamu.

Setelah delete file yang tidak penting, saatnya kamu defrag harddisk kamu. Perlu diingat proses defrag kadang memakan waktu yang relatif lama, jadi usahakan ketika akan melakukan defrag kamu sedang tidak sibuk bersama laptop.

Pertama klik start menu. Pilih all program, klik accesories. Pilih system tools serta klik Disk Defragmenter.  Untuk user Windows 8  arahkan kursor ke pojok kanan, klik  search, sebelum mengetik kata defrag dibawah kotak search klik setting terlebih dahulu. Fungsi dari defrag sendiri biar file di harddisk kamu lebih rapih, sehingga bisa menaikkan performa laptopmu.

Setelah melakukan cara diatas. Jangan gunakan laptop untuk multitasking berat serta jangan install sembarang software. Kalau kamu punya trik-trik lainya jangan sungkan berbagi di kolom komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat serta Menghibur Lainnya

10 Trik Atasi HP yang Sering Lemot atau Nge-Lag, Biar Nggak Sebentar-sebentar Restart Melulu
Kalau Belum Tahu 15 Trik Memaksimalkan Keyboard Laptopmu, Jangan Ngaku Canggih Dulu!
lima Trik Sulap Ini Sederhana, Tapi Kelihatan Wow serta Bikin Teman-temanmu Terpana
lima + 2 Tips & Trik Untuk Kamu yang Lagi Merencanakan Liburan
Tak Hanya Makan yang Bergizi Saja, Otakmu Bisa Tetap Sehat Dengan Kebiasaan Sederhana

Related Posts:

0 Response to "Trik Sederhana Biar Laptopmu Gak Lemot Lagi"

Posting Komentar