Sepuluh Tips Tingkatkan Keamanan Komputer Mac

Sepuluh Tips Tingkatkan Keamanan Komputer Mac
KOMPAS.com - Saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna Mac OS X pada seluruh global. Jumlah ini terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Namun, malware Mac OS X pun juga terus bertambah, termasuk Trojan seperti Mac OS X version of DNSChanger, & serangan terhadap Mac OS X yang meledak pada tahun 2011.
 
Pada September 2011, versi pertama Mac OS X Trojan Flashback muncul, & meluas hingga Maret 2012. Menurut data yang dikumpulkan Kaspersky Lab, hampir 700 ribu pengguna terinfeksi hingga bersama awal April ini, & jumlah tersebut bisa terus meningkat. Meskipun Mac OS X merupakan sistem yang cukup aman, namun permanen saja sebagai pengguna perlu mengambil beberapa langkah untuk menghindari serangan itu.
 
Costin Raiu, Kaspersky Lab Expert membagikan rekomendasi mengenai 10 tips sederhana untuk meningkatkan keamanan Mac.
 
1.    Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari
Akun default pada Mac OS X Anda merupakan pengguna administrator, & penulis malware mampu mengambil keuntungan dari sana untuk menginfeksi komputer Anda. Untuk kegiatan sehari-hari, Kaspersky merekomendasikan Anda untuk membentuk akun non-admin & log in menggunakan akun administrator bila ada keperluan saja.
Untuk membentuk akun tersebut, masuklah ke dalam pilihan Accounts pada Sistem Preference kemudian buatlah akun non-administrator. Gunakan akun baru ini untuk kegiatan sehari-hari seperti email & browsing. Hal ini sangat membantu untuk membatasi kerusakan dari ancaman zero-day & serangan malware drive-by.

2.   Gunakan browser bersama sandbox & mempunyai solid track record dalam memperbaiki informasi keamanan dalam prompt manner.
Kaspersky merekomendasikan Google Chrome, untuk bermacam-macam alasan, salah satunya merupakan karena Google Chrome lebih tak jarang diperbaharui dibandingkan bersama browser Safari milik Apple. Sebagai tambahan untuk sandbox, Chrome dilengkapi bersama versi sandbox dari Flash Player yang membagikan penghalang yang signifikan untuk situs berbahaya. Google Chrome juga memiliki mekanisme pembaharuan yang stabil yang menghilangkan pembatas pada kerapuhan keamanan. Pastikan browser barunya sebagai browser primer.

3.   Hapus Flash Player yang berdiri sendiri
Sayangnya Flash Player milik Adobe kerap kali menjadi target hacker dalam mengambil alih komputer Anda. Versi lama dari Flash Player sangat beresiko pada saat Anda melakukan browsing pada internet. Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe, untuk versi 10.4 10.5 & 10.6 & lainnya.

4.  Perbaiki kasus pada Java
Seperti halnya bersama Flash Player, Java juga merupakan target para hacker untuk menanamkan malware dalam perangkat Anda.
Kaspersky merekomendasikan untuk menghapusnya dari komputer. Sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle untuk memperbaharui Java untuk Mac secara langsung. Mereka melakukannya sendiri, umumnya beberapa bulan kemudian. Hal ini membentuk window of exposure pada Mac membutuhkan waktu lama daripada pengguna PC.

Pilihan Java Preferences terdapat pada /Application/Utilities; jangan centang kotak pada sebelah daftar versi pada tab General.

Jika Anda membutuhkan Java untuk aplikasi spesifik, sangat penting untuk menonaktifkan Java pada Safari & browser lainnya. Untuk Safari, masuklah ke dalam Preference > Security > Web Content & jangan centang Enable Java.

5. Jalankan Software Update & tambahkan langsung pada perangkat bila update sudah tersedia.
Belakangan ini banyak penyerangan terhadap Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak terbaharui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat, & Java Oracle, namun banyak aplikasi lainnya yang mampu disalahgunakan juga. Office untuk Mac 2011 lebih baik daripada keamanan Office untuk Mac 2008. Jika Anda masih menggunakan 2008, Kaspersky merekomendasikan untuk memperbaharuinya menjadi 2011. Kapanpun Anda melihat Apple Software Update, pastikan Anda melakukan perbaikan & reboot perangkat bila diperlukan.

6. Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatasi penyerangan phising.
Kabar baiknya merupakan, tidak seperti Windows, Mac memiliki pengelolaan kata sandi yang sudah terpasang dalam sistem Keychain.
Jika memungkinkan, coba untuk membentuk frase unik, & kuat untuk sumber & simpan mereka dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Kapanpun pelaku kriminal global maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda Gmail, Facebook, eBay, PayPal & lainnya. Oleh karenanya, bersama memiliki kata sandi yang kuat & unik pada setiap sumber, mampu menciptakan keamanan yang lebih kuat untuk keamanan online.
 
Hal lain merupakan ada banyak saran yang lebih rumit seperti memiliki keychain yang terpisah bersama 3 5 menit waktu, untuk kata sandi yang penting. Apa yang dimaksud bersama kata sandi yang penting? Seperti sumber-sumber yang mampu menciptakan kerugian financial: eBay, PayPal, online banking, & lain-lain. Jika terjadi, maka Anda tidak akan kehilangan seluruh kata sandi.

7.  Jangan aktifkan IPv6, AirPort & Bluetooth bila tidak dipergunakan
Matikan koneksi bila tidak dipergunakan atau tidak diperlukan. Hal ini diperuntukkan untuk IPv6, AirPort & Bluetooth yang menjadi celah bagi para hacker dalam menyerang. IPv6 merupakan protocol komunikasi terbaru yang mampu dipergunakan pada Mac.

Untuk menonaktifkannya, Anda mampu menentukan menu Apple > System Preference & kemudian tekan Network. Jika Network Preference dikunci, klik pada icon kunci & masukkan kata sandi Admin untuk melakukan perubahan. Pilih network service yang Anda inginkan bersama IPv6, seperti Ethernet atau AirPort. Klik Advanced & klik TCP/IP. Klik pada Configure IPv6 menu yang muncul (umumnya diatur secara otomatis) & pilih Off.
 
Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4667.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+) atau Firevault
Pada Mac OS X Lion, Apple memperbaharui solusi encryption (FileVault) & menambahkan full disk encryption, yang dikenal bersama sebutan FileVault 2. Hal ini memberi keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan bersama home folder & bisa sangat memiliki kegunaan bila laptop Anda dicuri.
 
Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4790.
 
9.  Perbaharui Adobe Reader menjadi Versi 10 atau yang lebih baru
Adobe Reader telah menjadi target incaran bagi pelaku kriminal global maya pada platform Windows & masih menjadi peringkat tertinggi diantara perangkat pada seluruh global. Versi 10 juga beberapa keamanan yang membuatnya lebih aman daripada versi sebelumnya. Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya bersama cara mengunduh pada halaman Adobe sayangnya, banyak dari versi lama masih tersedia untuk diunduh & sangat membingungkan.

10. Pasang solusi keamanan yang bagus.
Mac tidak terinfeksi virus telah menjadi tema yang biasa kita dengar sejak iklan 2006 bersama citra PC yang sakit & Mac yang sehat. Enam tahun telah berlalu & situasi telah berubah dramatis. Tahun 2011, pelaku kriminal global maya mulai menekan DNSChangers & memalsukan anti-virus pada pengguna Mac bersama cara yang militan. Trojan Flashback yang muncul September 2011 mengakibatkan gebrakan akbar pada Maret 2012 yang terhitung setengah juta pengguna pada seluruh global terinfeksi.
 
Saat ini, solusi keamanan sangat penting untuk pengguna Mac. Anda mampu mengunduh & mencoba Kaspersky Anti-Virus for Mac. Untuk pengguna Mac OS X, pilihan seperti Little Snitch mampu digunakan untuk menentukan kapan program muncul untuk digunakan pada saat koneksi internet & membagikan Anda pilihan untuk mengijinkan atau menolak koneksi ini.

Related Posts:

0 Response to "Sepuluh Tips Tingkatkan Keamanan Komputer Mac"

Posting Komentar