10 Tips buat memaksimalkan kerja komputer

10 Tips buat memaksimalkan kerja komputer
Memiliki komputer yg lambat memang sangat memusingkan penggunanya. Apalagi apabila aktivitas sang pengguna sangat bergantung pada komputer tadi. Oleh alasannya itu, Opera Software mencoba mengembangkan tips untuk mengatasi hal ini.

"Ini merupakan beberapa inspirasi sederhana yg akan mengembalikan PC anda ke bentuk semula, sehingga anda bisa memulai 2013 dengan lebih efisien," dari Tiago Pregueiro Jeronimo, Product Manager untuk produk Desktop, Opera Software. Berikut beberapa saran yg diberikan Opera kepada Merdeka.com:

1. Rapikan desktop komputer

Merapikan desktop komputer akan membantu pengguna dalam menemukan shortcut pelaksanaan yg dibutuhkan. Caranya artinya dengan memasukkan pelaksanaan tadi ke dalam folder-folder yg telah dibedakan dari kategorinya.

2. Bersihkan file multimedia

File seperti film maupun video sering memakan tempat pada hard drive. Hal ini dikarenakan besarnya ukuran file tadi. Ada baiknya hapus saja file berisi film yg telah dipandang agar space hard drive bisa lebih dihemat.

3. Gunakan browser yg responsif

Penggunaan web browser seperti Opera bisa meringankan kerja komputer dibanding dengan web browser lainnya. Dengan fitur seperti Opera Turbo, pengguna tak perlu khawatir komputernya akan bekerja ekstra berat alasannya fitur ini membantu menghilangkan script maupun data blog yg tak dibutuhkan.

4. Rapikan email

Mulai pilih mana saja surat elektronik yg vital & mana yg tak. Selanjutnya, simpan email yg sekiranya memang vital & hapus saja email-email yg tak relevan, spam, maupun newsletter yg telah usang.

5. Atur pergi susunan hard drive

Mengatur susunan hard drive bisa dilakukan dengan melakukan Disk Defragmentation. Dengan melakukan hal ini hard drive akan tertata pergi sehingga kerja komputer lebih cepat.

6. Hapus program Autostart

Program Autostart artinya program yg bisa berjalan sendiri tanpa perlu dibuka terlebih dahulu oleh sang pengguna. Contoh program ini artinya anti virus maupun pelaksanaan pengingat. Jika memang pelaksanaan autostart ini tak terlalu dibutuhkan, lebih baik dinonaktifkan saja sehingga komputer tak perlu mengalokasikan memory untuk pelaksanaan ini.

7. Scan Virus/Malware

Penyebab pokok lambatnya komputer bisa jadi ditimbulkan oleh Antivirus ataupun Malware yg berasal dari global maya. Hal ini bisa ditanggulangi dengan memasang plugin pencegah virus pada web browser. Pada Opera misalnya pengguna bisa memanfaatkan plugin Ghostery untuk menangkal bahaya tadi.

8. Bersihkan file yg bersifat ad interim

File yg bersifat ad interim ini umumnya dihasilkan dari cookies, cache, & history ketika seseorang mengakses internet. Ada baiknya pengguna membersihkan hal-hal tadi secara bersiklus agar hard drive tak penuh dengan file semacam ini.

9. Bersihkan fisik komputer

Debu artinya perkara pokok bagi perangkat keras komputer. Jika komputer kotor & diselimuti oleh debu, bisa dipastikan bahwa komputer tadi akan cepat panas. Oleh karenanya, bersihkan dengan hati-hati bagian interior CPU agar komputer bisa bekerja secara maksimal.

10. Pindahkan file besar ke hard drive eksternal

Ada baiknya pengguna jua memindahkan data-data vital mereka ke dalam hard drive eksternal. Selain untuk back up, pemindahan ini jua akan meringankan kerja hard drive internal komputer. [nvl]

Related Posts:

0 Response to "10 Tips buat memaksimalkan kerja komputer"

Posting Komentar