Buat Kamu yg Keranjingan Berbelanja di Pasar Online, Ini Lho 7 Hal yg Wajib Diperhatikan

Buat Kamu yg
Kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan, galat satunya perkara aktivitas berbelanja. Sekarang ini, kita tentu sudah terbiasa menggunakan istilah dan cara belanja online. Terlebih, kamu yang doyan belanja online niscaya sudah nggak asing lagi menggunakan istilah online marketplace kan?

Meskipun sepintas kelihatannya sama, namun online marketplace tidak sinkron menggunakan online shop lho. Sederhananya, marketplace ialah pasar yang muncul dalam dalam jaringan internet. Kamu bisa menemukan banyak penjual atau vendor yang menawarkan barangnya. Otomatis pilihan jenis, brand, ukuran, bahkan berasal negara barang dagangan yang dijajakan dalam online marketplace pun jauh lebih banyak daripada online shop.

Sejumlah marketplace ternama dalam Indonesia sudah rajin mondar-mandir mengiklankan jasa mereka dalam media-media massa nasional. Selain itu beberapa marketplace luar negeri yang telah tersohor secara internasional pun mulai diincar konsumen dalam negeri. Marketplace seperti menghapuskan kendala jeda bagi para penggemar belanja. Tetapi bukan berarti kamu boleh terlena dan tidak waspada waktu berbelanja dalam marketplace lho! Nah, apa saja sih yang harus kamu perhatikan supaya bisa berbelanja menggunakan aman?

1. Jangan ambil resiko menggunakan berbelanja online lewat warnet. Pastikan buat selalu memakai personal komputer pribadi-mu!

Persenjatai juga personal personal komputer-mu menggunakan pelaksanaan anti-virus, anti-malware dan anti-spy yang sudah terpercaya. Sehingga kerahasiaan dan keamanannya terjamin.

Kenapa? Karena waktu melakukan transaksi belanja online, umumnya kamu harus memasukkan info-info krusial dan rahasia guna kelangsungan proses jual beli. Tidak hanya nomor kartu kredit, atau password kartu debit, namun juga info seperti alamat email, nomor kontak, atau alamat pengiriman. Informasi-info ini sangat krusial buat dilindungi.

Bayangkan kalau kamu memakai personal komputer umum yang bisa digunakan siapa saja, apalagi yang tidak berpengaman. Data pribadimu bakal dicuri dan disalahgunakan, kamu bisa rugi habis-habisan. Jadi jangan ambil risiko, ya!

2. Pilih marketplace yang sudah punya nama. Cari tahu terlebih dahulu perihal reputasi mereka

Langkah satu ini, meski sepele bakal sangat membantumu. Bagusnya reputasi sebuah marketplace umumnya sebab didukung sang fitur-fiturnya yang lebih mengagumkan dari marketplace lain. Bisa dari fasilitas pemesanan, pembayaran dan penanganan aduan yang lebih gampang plus aman; atau dari daftar deretan seller yang terkenal mengagumkan mutunya. Selain aktif membaca ulasan perihal pelayanan marketplace yang dimaksud dari forum-forum kostumer, coba cari tahu juga info perihal reputasi dan rekor website tadi dalam internet.

Selain itu perhatikan juga sistem keamanan marketplace yang akan kamu gunakan. Pastikan website web tadi menawarkan teknologi SSL (Secure Sockets Layer) buat keamanan transaksi kamu dalam global maya.

tiga. Setelah konfiden bahwa marketplace yang kamu kunjungi memang punya kualitas, pilih juga seller-seller yang berkelas

Di antara seratus ribu lebih penjual atau seller yang bergabung dan menawarkan dagangannya dalam marketplace, tidak semuanya sungguh jujur atau mengagumkan pelayanannya. Ya, ini adalah kenyataan yang getir. Layaknya pasar dalam global nyata, meskipun pasarnya mengagumkan dan bersih, permanen masih muncul saja penjual yang nakal dan siap mengerjaimu kalau kamu lengah. Bagaimana caranya buat menghindari penjual seperti ini?

Biasanya setiap marketplace mempunyai cara sendiri buat menandakan kredibilitas para seller yang menggelar lapak dalam website mereka. Salah satu cara yang paling awam ialah hadiahrating atau review dari para pembeli yang sanggup dipandang sang pembeli-pembeli lain dalam halaman si penjual tadi. Semakin tinggi ratingnya atau semakin mengagumkan isi reviewnya, maka semakin terpercaya seller tadi. Untuk mencapai ranking dan review yang mengagumkan tentu saja mereka harus menunjukkan pelayanan prima kepada para kostumer yang telah memilih mereka, sehingga bisa dibayangkan pelayanan apa yang bakal kamu dapatkan.

Selain itu muncul beberapa penjual lebih advanced yang membeli akun berbayar dalam marketplace tadi. Seller-seller seperti ini umumnya seller yang sudah berdedikasi dan mempunyai nama baik; sehingga tak ragu mengeluarkan biaya ekstra agar lapaknya bisa lebih diperhatikan dan difasilitasi sang marketplace tempatnya menumpang.

4. Agar tidak merugi dalam akhirnya, kamu pun harus teliti menilik daftar harga

Kamu harus selalu jeli soal harga. Sering-seringlah membandingkan harga dari setiap seller yang tidak sinkron dan juga kelebihan apa saja yang ditawarkan masing-masing penjual. Bisa jadi dalam penjual A harganya lebih murah sekian ribu dari penjual B, namun ongkirnya lebih mahal. Bisa jadi juga menggunakan harga yang selisihnya sedikit, kamu menerima insentif dari penjual C, sementara penjual D hanya menawarkan barang pokoknya saja. Namanya juga pasar, harus kita yang rajin membandingkan dan teliti soal hitungan harganya.

Oh iya, namun jangan hingga lupa kalau kamu tidak boleh tergiur menggunakan harga yang terlampau murah! Mencari barang yang lebih terjangkau itu masuk akal, namun kalau hingga super duper murah hingga tidak sinkron jauh menggunakan tawaran-tawaran dari penjual lain, kamu patut waspada. Perhatikan baik-baik term & condition yang dijabarkan sang seller super murah itu. Bisa jadi yang dijajakan ialah barang reject, bekas, atau harus beli barang lain dulu baru sanggup barang itu menggunakan harga super murah. Yah asalkan kamu tahu apa yang kamu beli, pilihan itu terserah saja. Ingat, muncul uang muncul barang!

lima. Meski muncul bermacam-macam tawaran metode pembayaran, usahakan pilih galat satu yang paling membuatmu nyaman

Dewasa ini semakin banyak cara pembayaran tidak sinkron buat transaksi online. Mulai dari transfer bank hingga kartu kredit. Mulai dari Cash On Delivery hingga Rekening Bersama. Buat kamu-kamu yang udah punya kartu kredit, sebenarnya online shopping menggunakan credit card punya untung sendiri. Kalau barangmu tidak kunjung dikirim atau tidak dari menggunakan pesanan umumnya transaksi menggunakan kartu kredit mempunyai bukti yang bertenaga dan kamu bisa mencegah pembayaran kepada pihak penjual yang curang. Tetapi memang kalau tidak hati-hati, nomor kartu kredit yang dicuri bisa sebagai peristiwa petaka (sebab itulah pentingnya memperhatikan point nomor 1).

Jangan khawatir, muncul juga sistem pembayaran yang lebih aman buat kamu yang nggak punya credit card atau kesulitan buat COD. Namanya Rekening Bersama! Uangmu tidak akan diserahkan si penjual kalau barang yang dijanjikannya belum hingga ke tempatmu. Begitu juga sang penjual yang tidak akan mengirim barang sebelum kamu menyetor uang ke rekening bersama tadi. Metode pembayaran ini sudah digunakan sang beberapa marketplace bonafit, cari tahu marketplace-marketplace mana saja yang menyediakan layanan ini buat transaksi yang lebih aman! Dan terakhir, jangan lupa buat menyimpan segala bukti transaksi dan pemesanana yang muncul agar bisa sebagai bukti kalau dalam kemudian hari terjadi kasus menggunakan barang pesananmu.

6. Jangan terburu-buru. Periksa sekali lagi rangkuman dan deskripsi barang-barang pesananmu!

Wajib hukumnya buat menilik balik  barang-barang pesananmu. Periksa ulang pesananmu sebelum menekan tombol selesai atau bayar. Cek total harganya, syarat dan deskripsi barangnya, estimasi pengiriman dan kapan sampainya. Jangan hingga kamu bikin capek dirimu sendiri dan si penjual menggunakan resah nanya-nanya atau komplain padahal kamu yang galat perhitungan. Duh!

7. Jika barang yang kamu beli berharga tinggi, pilih marketplace yang menawarkan opsi pengiriman berasuransi

Memang umumnya mengasuransikan barang belanjaan yang akan dikirim bakal menambah total biaya yang harus kamu bayarkan. Tetapi kalau memang barang yang kamu beli harganya mahal dan rentan rusak (misalnya: gadget dan elektronik) tidak muncul ruginya bagimu buat menambah biaya buat jaminan pengiriman. Yang niscaya, uang yang kamu keluarkan tidak akan lebih mahal daripada biaya yang kamu buang waktu pesananmu ternyata datang dalam keadaan berantakan alias rusak.

Selain opsi pengiriman berasuransi, minta juga agar barang-barang yang rentan rusak dikirim menggunakan kemasan yang lebih kokoh, seperti memakai bubble wrap, kotak kayu, atau busa ekstra. Lebih baik dibungkus ekstra aman daripada menyesal belakangan kan?

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana yang bakal sangat membantu kamu yang memang hobi berbelanja online. Ingat, meskipun belanja online itu asyik tapi jangan hingga kamu merugi lho! Selamat berbelanja, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berbelanja Tidak Selamanya Boros, Lho!
Sebelum Berbelanja Online, Kamu Harus Simak Tips-Tips Cerdas Ini!
Jangan Pandang Sebelah Mata Pasar Tradisional! Ini 7 Keistimewaan yang Kamu Dapat Saat Berbelanja dalam Sana
Hidup Boros Itu Sangat Menyenangkan Tapi Juga Merugikan
Jangan Heboh Aja Ngomongin Pajaknya Syahrini. Anak Muda Juga Harus Tahu 6 Ketentuan Pajak Ini

Related Posts:

0 Response to "Buat Kamu yg Keranjingan Berbelanja di Pasar Online, Ini Lho 7 Hal yg Wajib Diperhatikan"

Posting Komentar