JARINGAN KOMPUTERDENGAN SOFTWARE WIRESHARK UNTUK MELIHAT TCP PADA TRANSMISI

JARINGAN KOMPUTERDENGAN SOFTWARE WIRESHARK UNTUK MELIHAT TCP PADA TRANSMISI
PENDAHULUAN

Wireshark adalah sebuah Network packet analyzer. Network packet analyzer akan mencoba menangkap paket-paket jaringan & berusaha untuk menampilkan seluruh berita di packet tersebut sedetail mungkin. Semua jenis paket berita dalam berbagai format protokol pun akan dengan praktis ditangkap & dianalisa. Karenanya tidak jarang tool ini juga bisa dipakai untuk sniffing (memperoleh berita krusial seperti password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berjalan di dalam jaringan & menganalisanya. Namun tools ini hanya bisa bekerja didalam dalam jaringan melalui LAN/Ethernet Card yang terdapat di PC.

TCP adalah suatu protokol pengiriman data yang berbasis Internet Protocol (IP) & bersifat connection oriented. Pada OSI layer TCP berada pada layer transport yang kegunaannya mengatur pengiriman suatu data asal client ke server. Model komunikasi data dengan clientserver artinya pada saat pengiriman data, satu dari personal komputer terdapat yang bersifat client & yang satu akan bersifat menjadi server.

TCP di bagi menjadi 2 cara yaitu dengan cara Telnet (telecomunication network) & SSH (secure shell). Mari kita bahas satu-persatu, Telnet(Telecommunicationnetwork) adalah sebuahprotokoljaringanyang digunakan padaInternetatauLocal Area Networkuntuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks kontak dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.Telnet menyediakan komunikasi dua arah berbasis teks atau terminal emulator antara client & server. Dengan istilah lain, Telnet memungkinkan kita untuk mengendalikan, memberi perintah, menjalankan perintah, merubah konfigurasi, meremote personal komputer lain (server) melalui personal komputer di depan meja kita sendiri (client). Program Telnet umumnya digunakan untuk mengakses personal komputer berbasis Linux/Unix. Karena memang Linux/Unix banyak digunakan menjadi server. Namun saat ini Telnet sudah jarang digunakan karena mempunyai celah atau lubang keamanan karena komunikasi teks yang dilakukan tanpa enkripsi artinya bisa disadap oleh orang lain.Untuk memulai sesi Telnet, umumnya Knda harus mengisikan username serta password yang valid menjadi verifikasi atau legalitas asal account yang Knda miliki. Dan account tersebut di bisa atau Knda buat sendiri jikalau Knda bertindak menjadi administrator asal sebuah jaringan.

selanjutnya SSH (Secure Shell) adalahprotokol jaringanyang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasisLinuxdanUnixuntuk mengaksesakun shell, SSH dibuat menjadi penggantiTelnetdanshellremotetak aman lainnya, yang mengirim berita, terutamakata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya praktis untuk dicegat.Enkripsiyang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan & integritas data melalui jaringan yang nir aman sepertiInternet.

Cara Menggunakan Wireshark & perangkat pendukung

1.Sebelum membuka wireshark, pastikan firewall, & anti virus anda di disable ad interim & jaringan selain eternet pula di disablekan kemudian Buka wireshark

2.Tampilan awal :

3.Untuk mulai meng-capture kita pilih Capture pada sajian bar kemudian klik star atau klik interface list  kemudian akan keluar wireshark: capture interface kemudian klik option kemudian klik capture on all interface kemudian start. Atau perhatikan gambar.

Telnet menyediakan akses langsung ke bermacam-macam layanan di Internet. Komputer host anda memang menyediakan bermacam-macam layanan, namun jikalau layanan tersebut nir terdapat, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka & menggunakan interface yang mereka buat. Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya berita yang berharga ini. Maintaining the Integrity of the Specifications

Seiring perkembangan jaman, di rancanglah program baru untuk sistem pengamanan bagi penggunanya yaitu SSH & menggantikan protokol telnet & FTP. SSH adalah produk serbaguna yang dibuat untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host. Dua hal krusial SSH adalah console login (menggantikan telnet) & secure filetransfer (menggantikan FTP), tetapi dengan SSH anda juga memperoleh kemampuan membentuk source tunnel untuk melewatkan HTTP,FTP,POP3, & apapun lainnya melalui SSH tunel.

Perbedaanya pada ENKRIPSI kodenya. Contohnya pada Telnet, Setelah terkoneksi input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer namun pada SSH seluruh input akan dikodekan dengan penyandian Algoritma enkripsi. Diantaranya TripleDES(Pengembangan asal DES oleh IBM), BlowFish (BRUCE SCHNEIER), IDEA (The International Data Encryption Algorithm), & RSA (The Rivest-Shamir-Adelman).

Dari percobaan mari kita lihat proses pentransferan datanya. Dimulai dengan intruksi SYN (synchronitation), SYN ACK (synchronitation, Acknowledgement), ACK (Acknowledgement) & di akhiri FIN (finish).  Ketiga intruksi tersebut lebih terkenal dengan nama three-hand shaking. Pada TCP dimungkinkan kedunya saling bekerjasama di waktu yang sama dimana three hand shaking membagi-bagi socket sedemikian rupa sampai keduanya bisa saling bisa berkomunikasi.

Kita capture wireshark

Terlihat di nomor 28, dimana awal asal penembakan data di mulai dengan SYN, setelah itu SYN,ACK kemudian ACK setelah itu keduanya akan saling terkoneksi. Dengan begitu kedunya akan bisa berkomunikasi secara langsung. Untuk lebih jelasnya lihat diagram alurnya:

IP 192.168.1.1 (saya) akan menembakan data pada PC yang ber IP 192.168.1.2 (web). Perintah yang di gunakan adalah perintah SYN dimana bermanfaat untuk men-sinkronkan antara PC untuk saling bekerjasama. Setlah itu SYN kembali namun beliau menyertakan ACK yang bermanfaat menjadi tanda kontak sudah terkoneksi atau tidak jarang di sebut SYN,ACK. Selanjunya ACK kembali menjadi awal tanda bahwa jaringan sudah siap untuk di gunakan.

Untuk enkripsinya kita bisa lihat melihat dengan cara klik kanan pada tabel. Lalu klik kanan pilih Follow TCP steam & kita lihat enkripsi nya

Related Posts:

0 Response to "JARINGAN KOMPUTERDENGAN SOFTWARE WIRESHARK UNTUK MELIHAT TCP PADA TRANSMISI"

Posting Komentar