Simulasi Jaringan Komputerdengan Software Wireshark buat Melihat ARP & ICMP pada Transmisi Data

Simulasi Jaringan Komputerdengan Software Wireshark buat Melihat ARP & ICMP pada Transmisi Data
PENDAHULUAN

Wireshark artinya sebuah Network packet analyzer. Network packet analyzer akan mencoba menangkap paket-paket jaringan dan berusaha buat menampilkan semua isu di packet tersebut sedetail mungkin. Semua jenis paket isu dalam banyak sekali format protokol pun akan bersama gampang ditangkap dan dianalisa. Karenanya acapkali tool ini pula dapat dipakai buat sniffing (memperoleh isu penting seperti password email atau account lain) bersama menangkap paket-paket yang berjalan di dalam jaringan dan menganalisanya. Namun tools ini hanya dapat bekerja didalam dalam jaringan melalui LAN/Ethernet Card yang terdapat di PC.

Kita dapat mengumpulkan sebuah network packet analyzer sebagai alat buat mempelajari apa yang sebenarnya sedang terjadi didalam kabel jaringan, seperti halnya voltmeter atau tespen yang dipergunakan buat mempelajari apa yang sebenarnya sedang terjadi di dalam sebuah kabel listrik.

Dulunya tool-tool semacam ini sangatlah mahal harganya dan biasanya bersama embel-embel copyright. Namun bersama adanya wireshark, kita sangat dimudahkan. Makanya tidak sedikit yang bilang bahwa wireshark artinya galat satu tool gratis terbaik buat menganalisis paket jaringan.

Cara Menggunakan Wireshark

1.Sebelum membuka wireshark, pastikan firewall, dan anti virus anda di disable sementara dan jaringan selain eternet pula di disablekan kemudian Buka wireshark

2.Tampilan awal :

3.Untuk mulai meng-capture kita pilih Capture pada sajian bar kemudian klik star atau klik interface list  kemudian akan keluar wireshark: capture interface kemudian klik option kemudian klik capture on all interface kemudian start. Atau perhatikan gambar.

4.Setelah itu siapkan kabel cross-UTP dan conekan pada eternet di  masing-masing laptop atau komputer anda kemudian mulailah mengcapture.

5.Mulailah menge-ping antar komputer. Dan lihat dampak capturan

6.Setelah itu klik finis pada capture bar buat mengakhiri proses capture.

Analisis

Pada pembuatan jaringan kabel antara 2 komputer di wireshark device mengunakan tampilan tak tertentu, hal ini terlihat pada dampak dari captur. Pertama kita mulai di nomor 1, 2 dan 3. Pada proses ini di sebut bersama inisialisasi device dimana PC yang tersambung pada PC kita akan saling memberi nomor mesin (MAC address). Nomor mesin ini berkhasiat dalam sistem penstransveran data antar keduanya. Inisialisasi akan terjadi waktu berada pada awal dan akhir proses pengiriman data.

Pada gambar terlihat MAC address antara host dan guest. Keduanya akan selalu terhubung hingga pentrasveran selesai.

Selanjutnya, sehabis komputer saling terinisialisai, komputer host akan mencari IP address dari komputer guest bersama cara membroadcast ke semua jaringan lokal yang terhubung. Ia akan menanyakan ke seluruh device buat IP yang ia butuhkan. Hal ini dilakuan bersama cara mengirimkan perintah ARP. ARP berkhasiat buat meresolusi IP address pada MAC address.

Tertulis 60 who has 192.168.1.1? tell 192.162.1.2 maksutnya artinya bahwa alamat IP source yaitu 192.168.1.2 mencari sebuah IP address yang bernama 192.168.1.1. buat lebih rincinya kita lihat pada gambar di bawah ini. Mac address wistron_89:28:66 yang berIP 192.168.1.2 mencari IP 192.168.1.1. Pada data tertulis sasaran MAC address 00:00:00_00:00:00 ini berarti bahwa tujuan belum diketahui dan ARP akan mencarinya.

Coba kita lihat di nomor 5 bahwa 42 192.168.1.1 is at f4:6d:04:fa:72:8b ini berarti bahwa IP address 192.168.1.1 berada pada MAC address f4:6d:04:fa:72:8b. Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut :

Disini terlihat semuanya, dimana sender MAC address dan sasaran MAC address  sudah terisi. Pada penjelasan sebelumnya IP address 192.168.1.2 bertanya pada seluruh device perihal IP address 192.168.1.1. Disini terlitat jawaban bahwa pengguna dari IP address 192.168.1.1 merupakan PC bernama Asustekc_fa:72:8b. Informasi ini kemudian di kirim balik kepada pengirim ber-IP address 192.168.1.2. Hal ini membuktikan kerja ARP mencari destinasion nomor mesin dari IP address yang diperintahkan buat di cari bersama membroadcast ke semua jaringan device. Seperti terlihar pada gambar di bawah.

Selanjutnya proses akan di lanjutkan ICMP dimana bertugas buat mengecek kesalahan trasver data dan PC guets dapat terjangkau atau tidak. Bila jawaban berupa Request time out berarti jalur yang dilewati rusak atau PC tidak terjangkau. Namun kalau  jawaban berupa reply from... berarti PC dapat bekerjasama trasver data secara baik.

Disini balasan berupa reply, hal ini berarti bahwa PC saling bekerjasama bersama baik dan  antara PC satu bersama yang lain tidak terdapat perkara.

Related Posts:

0 Response to "Simulasi Jaringan Komputerdengan Software Wireshark buat Melihat ARP & ICMP pada Transmisi Data"

Posting Komentar