Gampang Jerawatan Ini Lho 10 Cara Cepat Membasmi Jerawatmu!

Gampang Jerawatan Ini Lho 10 Cara Cepat Membasmi Jerawatmu!
Meskipun terlihat sepele, jerawat bisa jadi satu dari jenis penyakit kulit yg paling menyebalkan. Selain terasa sakit, jerawat sudah pasti membuat agama dirimu menurun. Tak heran munculnya jerawat yg kadang tiba-tiba bisa membuatmu kesal, bad mood, bahkan enggan keluar rumah.

Nah, agar jerawat tak mengganggu aktivitasmu, kali ini Hipwee sudah menyiapkan 10 cara praktis & sederhana buat menghalau jerawat jauh-jauh dari wajahmu. Gimana sih, caranya? Langsung simak, mari!

1. Kalahkan Jerawat dengan Pasta Aspirin

Aspirin atau asam asetilsalisilat biasanya digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, contohnya saat flu atau demam. Termasuk jenis anti-inflamasi atau obat-obatan yg mengurangi menandakan-menandakan & gejala peradangan, penggunaan aspirin ternyata juga ampuh untuk membasmi jerawat.

Caranya, buat pasta aspirin dengan takaran 1 bagian aspirin & 3 bagian air. Selanjutnya, gunakan cotton buds untuk mengoleskan pasta aspirin pada jerawat. Setelah lebih kurang 30 menit pasta akan mengeras bersamaan dengan jerawat yg mengering. Terakhir, gunakan tisu atau handuk basah untuk membersihkannya.

2. Zat Kaporit Juga Bisa Melawan Jerawat. Jadi, Sering-seringlah Berendam pada Kolam Renang

Saat muncul jerawat pada wajah, berendam pada kolam renang bisa jadi solusi untuk menghalau jerawatmu lho. Pasalnya, satu dari penyebab munculnya jerawat merupakan kandungan minyak yg berlebih pada wajah. Sementara, air kolam renang mengandung zat klorin atau kaporit yg bagus untuk mengeringkan kulit & otomatis membantu mengatasi jerawatmu.

Namun, sebelum berendam sebaiknya gunakan pula pelembab untuk melindungi tubuh & rambut. Pastikan juga engkau berenang pada kolam yg kebersihan airnya terjaga dengan baik.

3. Gunakan Lidah Buaya Sebagai Masker

Aloe Vera atau biasa dianggap dengan flora lidah buaya ternyata punya 3 manfaat sekaligus bagi kulit wajah. Lendir pada daging buah flora ini terbukti bisa menghilangkan bercak-bercak kemerahan yg akan terjadi jerawat, mengurangi minyak berlebih, & membuat kulih wajah terasa lebih elastis & segar.

4. Pasta Gigi Tak Kalah Ampuh Membasmi Jerawatmu

Biasa digunakan sehari-hari & sudah pasti tersedia pada kamar mandi rumahmu, pasta gigi ternyata tak hanya bisa digunakan untuk menggosok gigi. Pasta gigi yg mengandung silika ternyata ampuh mengusir jerawat. Bahkan, dalam waktu semalam, mengoleskan pasta gigi pada jerawat saat sebelum tidur bisa memperkecil ukuran jerawat & membuatnya kering.

Namun perlu diingat, tidak semua jenis kulit bisa kuat dihajar dengan pasta gigi. Untuk engkau yg berkulit sensitif, cara satu ini sebaiknya dihindari. Atau bila tetap ingin menjajalnya, konsultasikan dulu dengan dokter kulitmu.

lima. Atasi Jerawat dengan Masker yg Terbuat dari Campuran Madu & Kayu Manis Bubuk

Madu merupakan jenis antibiotik yg sifatnya alami. Selain bisa mengatasi jerawat, penggunaan madu sebagai masker wajah juga bermanfaat membersihkan wajah dari aneka macam kotoran yg menempel.

Masker madu bisa dirancang dengan takaran 2 sendok madu yg dicampur dengan 1 sendok kayu manis bubuk. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker pada wajah termasuk bagian wajah yg berjerawat. Tunggu kira-kira 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat.

6. Bawang Putih Bermanfaat Mengobati Sekaligus Mencegah Jerawat

Siapa sangka, satu dari jenis bumbu masak ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Yup, bawang putih mempunyai kandungan anti oksidan tinggi, termasuk anti bakteri, anti jamur, & anti virus.

Selain bisa menghilangkan jerawat, konsumsi bawang putih merupakan cara pencegahan jerawat yg paling ampuh. Jika bawang putih yg dihaluskan bisa pribadi digunakan pada kulit normal yg berjerawat, khusus untuk kulit sensitif bisa mencampur bawang putih tumbuk dengan air.

7. Rajinlah Menguapi Wajah pada Rumah

Menguapi wajah jadi satu dari cara menghalau jerawat lantaran penguapan menimbulkan pori-pori kulit terbuka. Akibatnya, baik sel kulit meninggal maupun kotoran & minyak pada wajah akan mudah terangkat. Selain jerawat jadi lebih cepat hilang, penguapan juga bermanfaat untuk melembabkan & mendetoksifikasi kulit.

8. Gunakan Benzoil Peroksida & Vitacid

Cara lain yg tak kalah cepat mengatasi jerawat yaitu dengan penggunaan Benzoil Peroksida. Yup, Benzoil Peroksida merupakan bahan aktif yg biasa digunakan pada krim-krim jerawat. Saat dioleskan pada jerawat, Benzoil Peroksida memberikan oksigen dalam pori-pori sehingga bisa membunuh bakteri jerawat yg dianggap Propionibacter Acnes.

Selain Benzoil Peroksida, jerawat pun bisa diobati dengan Vitacid. Keduanya merupakan obat oles siap pakai yg bisa dibeli pada apotik. Namun, untuk menghindari efek samping sebaiknya konsultasikan penggunaan kedua obat ini pada petugas apotik. Gunakan pula keduanya dengan kadar obat mulai dari yg paling rendah, contohnya Benzoil Perokside 2,lima% & Vitacid 0,025%.

9. Oleskan Tea Tree Oil pada Kulit yg Berjerawat

Tea Tree Oil merupakan minyak esensial yg didapatkan dari flora khas Australia, Melaleuca Alternifolia. Selain mengatasi jerawat secara alami, Tea Tree Oil juga ampuh membersihkan kulit wajah. Kandungan zat anti jamur & anti bakteri pada Tea Tree Oil bahkan sama efektifnya dengan Benzoil Peroksida lho!

10. Jerawat Bisa Dilawan dengan Masker Mentimun

Seringkali kita menggunakan mentimun untuk mengompres mata yg sembab atau bengkak. Pasalnya, timun bisa bekerja sebagai anti-inflamasi sehingga cocok untuk meredam jerawat.

Caranya, hancurkan mentimun kemudian campur dengan air lemon & oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian basuh dengan air hangat. Selain jerawat yg akan mengempis, warna kemerahan yg akan terjadi peradangan pun akan menghilang.

11. Stop! Jangan Sekali-kali Memencet Jerawatmu!

Nah, satu hal yg tak boleh dilakukan saat jerawat muncul pada wajahmu merupakan memencetnya. Meskipun tangan acapkali gatal untuk menyentuh atau memencet jerawat lantaran merasa risih, sebaiknya kendalikan dirimu.

Memencet jerawat hanya akan menimbulkan munculnya jaringan parut pada bekas jerawat. Selain itu, memencet jerawat berarti membiarkan bakteri yg hidup pada jerawat menyebar ke bagian pori-pori lain. Akibatnya, jerawat-jerawat baru justru akan muncul lebih banyak.

Nah, itu tadi beberapa cara praktis mengatasi jerawat yg bisa engkau coba saat jerawat mulai muncul & mengganggu hari-harimu. Namun, disiplin menjaga kebersihan kulit wajah sebagai tindakan pencegahan munculnya jerawat sudah pasti wajib engkau lakukan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat & Menghibur Lainnya

Wisata Live In, Tinggal pada Rumah Warga. Selain Lebih Murah, Kamu Juga Dapat Pengalaman Berharga
Pubertas Kedua Cowok Di Usia 40 Tahun. Para Cewek Harus Tahu Sebabnya & Bagaimana Mengatasinya!
Brewok Bukan Jaminan Bikin Ganteng. Simak 6 Macam Model Brewok Ini Agar Tak Asal Pelihara
Kenalan dengan Kota Agats! Kota Bebas Polusi pada Papua yg Mengapung pada Atas Papan
Menjadi Pranjurit Negara Memang Tidak Mudah, Mengikhlaskan Nyawa Adalah Taruhannya

Related Posts:

0 Response to "Gampang Jerawatan Ini Lho 10 Cara Cepat Membasmi Jerawatmu!"

Posting Komentar