Windows 7, Penerus Vista yang Sempurna

Microsoft berencana untuk mengeluarkan OS (sistem operasi) terbaru mereka yaitu Windows 7 (baca: Windows Seven) pada akhir tahun ini. Windows 7 diharapkan menjadi pengobat pil pahit yang ditelan Microsoft pasca kegagalan Vista (baca juga: Sebab-Sebab Kegagalan Vista).

Windows 7 ini adalah Windows Vista yang jauh lebih sempurna. Windows Vista, sebelum peluncurannya, dinamakan dengan sandi Longhorn. Karena tuntutan waktu dan biaya, Longhorn yang belum sempurna tersebut terpaksa diluncurkan dengan nama resmi Windows Vista. Nah, Windows 7 ini sebenarnya merupakan si Windows Longhorn yang telah sempurna tersebut. Telebih lagi dengan adanya beribu-ribu masukan dari pelanggan Microsoft tentang Vista yang diperbaiki di Windows 7 ini.

Sebelum peluncuran produk resminya, Microsoft terlebih dahulu mengeluarkan versi Beta dan Realease Candidate-nya. Versi Beta-nya sudah diluncurkan pada bulan Februari tahun 2009. Dan versi Realease Candidate-nya direncanakan akan diluncurkan awal bulan Maret 2009. Dari versi Betanya, Windows 7 ternyata menunjukkan hasil yang sangat positif.

Beberapa pengujian membuktikan bahwa Windows 7 ini bukan hanya lebih cepat dari Vista, bahkan pada hardware yang memadai, Windows 7 ini lebih cepat daripada XP! Terutama pada proses booting dan shuting down. Dari segi kemudahan pun, Windows 7 lebih cermat dalam mengeluarkan notification dari User Account Control (UAC) sehingga tidak seperti Vista yang sangat sering mengeluarkan peringatan yang menjengkelkan. Dalam spesifikasi pun Windows 7 membutuhkan resource yang jauh lebih sedikit dibanding Vista dengan tampilan yang sama. Hardware dan software baru pun tidak perlu karena Windows 7 ini sepenuhnya dibangun dengan dasar pemrograman Vista, jadi semua hardware dan software yang jalan di Vista akan jalan pula di 7. Ditambah lagi dengan perbaikan besar-besaran program standar windows seperti calculator, notepad, wordpad, paint, dll. Yang jauh lebih baik setelah tidak pernah diperbaiki sejak jaman Windows 95.

Yang lebih meyakinkan lagi dari Windows 7 adalah bahwa ini baru hanya versi beta. Tentu versi finalnya akan jauh lebih stabil dan baik. Namun jika dari versi beta sudah terlihat keunggulan Windows 7, dapat diyakinkan bahwa Windows 7 ini akan menjadi pengganti sejati XP pasca gagalnya Vista. Terlebih dengan kecepatan Windows 7 yang memukau. (NL)

Related Posts:

0 Response to "Windows 7, Penerus Vista yang Sempurna"

Posting Komentar